Rabu, 07 Februari 2018

iPhone Dikabarkan Akan Mulai Memakai "Chip" Intel Tahun Ini

Ilustrasi

PT BESTPROFIT FUTURES MEDAN

BESTPROFIT - Aksi saling tuntut antara Apple dan pabrikan chip Qualcomm belum berakhir. Meski begitu, Apple tetap harus mengeluarkan sejumlah ponsel anyar di tahun 2018. Lantas, jalan apa yang kira-kira ditempuh Apple agar tetap bisa merilis handset baru tahun ini?

Menurut prediksi analis KGI Securities yang sekaligus dikenal sebagai pembocor ulung soal kegiatan Apple, Ming-Chi Kuo, Apple dipastikan bakal merapat ke Intel sebagai produsen chip modemuntuk iPhone.

Lebih jauh, Kuo memperkirakan bahwa Intel bakal menjadi pabrikan satu-satunya yang dikontrak Apple untuk memenuhi kebutuhan komponen chip modem tersebut, sementara Qualcomm bisa jadi tidak akan mendapat jatah sama sekali. BEST PROFIT

Padahal, menurut informasi yang beredar sebelumnya, Qualcomm akan tetap mendapat order komponen chip modem untuk iPhone. Tapi besarnya hanya 30 persen karena 70 persen sudah dikuasai Intel.

Kandidat kuat chip modem Intel yang agaknya bakal tertanam di iPhone generasi mendatang adalah XMM7560 yang mendukung jaringan GSM dan CDMA, berikut kompatibilitas dengan sebagian besar jaringan operator seluler di Amerika Serikat dan belahan dunia lain. PT BESTPROFIT

Chip modem Intel XMM7560 juga mendukung teknologi LTE multiple-input multiple-output atau MIMO 4x4 yang lebih baik dibandingkan MIMO 2x2 pada iPhone 8 dan iPhone X. Kecepatan transfer datanya bisa menembus 1 Gbps dengan LTE cat.16.

Sengketa Apple dan Qualcomm bermula pada Januari tahun lalu ketika Apple menyeret Qualcomm ke meja hijau dengan tuduhan menarik biaya royalti terlalu tinggi untuk produk dan teknologinya yang dipakai di iPhone. Apple kemudian menahan pembayaran royalti, sehingga berbuah tuntutan hukum balasan dari Qualcomm.

Meski prediksi Kuo kebanyakan tepat, masih terlalu dini untuk meyimpulkan apakah Intel bakal bisa menjadi pemasok chip modem secara eksklusif untuk Apple. Bisa saja hal tersebut tidak akan terjadi lantaran Apple memilih untuk berbaikan dengan Qualcomm. PT BEST PROFIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar